Dalam teori antrian disebutkan antrian terjadi dipicu oleh 4 faktor:
1. Lonjakan pengunjung
2. Konsentrasi kedatangan pengunjung
3. Lambannya sistem pelayanan
4. Disiplin antrian.
1. Lonjakan pengunjung
2. Konsentrasi kedatangan pengunjung
3. Lambannya sistem pelayanan
4. Disiplin antrian.
Dibanyak kasus pelayanan publik poin 1.2 dan 4 paling cepat disalahkan sebagai pemicu terjadinya antrian sementara poin 3 jarang dituding menjadi pemicu terjadinya antrian.
Ada baiknya penyedia layanan melihat juga apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh pengunjung.
Salah satu yang diinginkan pengunjung adalah KECEPATAN WAKTU PELAYANAN.
Waktu pelayanan menjadi sensitif karena pada dasarnya pelanggan tidak suka menunggu. Dalam banyak kasus pelayanan semisal ke rumah sakit dari 4 jam total waktu berkunjung ke rumah sakit nyatanya waktu berguna seorang pasien hanya 25 menit, 10 menit ketemu dokter 15 menit menunggu obat sisanya habis untuk mencari parkir, registrasi, menunggu dokter belum datang, dsb nya.
Perbandingan antara waktu berguna 25 menit diatas dengan total waktu 4 jam diatas disebut sebagai value add rasio.
Penyedia pelayanan yang konsen dengan value add rasio yang diterima oleh pengunjung akan selalu memperbaiki system pelayanannya karena hal ini terkait dengan jumlah pengunjung yang bisa dilayani.
Semakin pendek waktu berkunjung dan semakin pengunjung tidak lama menunggu maka akan lebih banyak pengunjung yang akan dilayani dan tentunya ini akan berdampak kepada revenue bagi perusahaan.
Berikut ini beberapa contoh yang dilakukan untuk mengurangi waktu tunggu pengunjung disebuah rumah sakit sebagai salah satu bentuk pelayanan publik.
1. Pemisahan zona parkir fast moving dan low moving
2. Penyediaan parkir pararel
3. Penyediaan titik registrasi yang tersebar
4. Penyediaan registrasi khusus pasien
5. Penyediaan waktu layanan poliklinik pagi sd. Malam dan hari sabtu
6. Pengaturan jadwal praktek dokter lebih pagi.
7. Pengaturan kedatangan pasien dengan sistem kloter.
7. Dll
1. Pemisahan zona parkir fast moving dan low moving
2. Penyediaan parkir pararel
3. Penyediaan titik registrasi yang tersebar
4. Penyediaan registrasi khusus pasien
5. Penyediaan waktu layanan poliklinik pagi sd. Malam dan hari sabtu
6. Pengaturan jadwal praktek dokter lebih pagi.
7. Pengaturan kedatangan pasien dengan sistem kloter.
7. Dll
Tentunya setiap pelayanan publik berbeda solusinya namun spiritnya adalah sama : MEMPERPENDEK WAKTU PELAYANAN untuk PENINGKATAN REVENUE.
Komentar
Posting Komentar