Langsung ke konten utama

Perpendek WAKTU LAYANAN untuk Peningkatan REVENUE Perusahaan


Dalam teori antrian disebutkan antrian terjadi dipicu oleh 4 faktor:
1. Lonjakan pengunjung
2. Konsentrasi kedatangan pengunjung
3. Lambannya sistem pelayanan
4. Disiplin antrian.
Dibanyak kasus pelayanan publik poin 1.2 dan 4 paling cepat disalahkan sebagai pemicu terjadinya antrian sementara poin 3 jarang dituding menjadi pemicu terjadinya antrian.
Ada baiknya penyedia layanan melihat juga apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh pengunjung.
Salah satu yang diinginkan pengunjung adalah KECEPATAN WAKTU PELAYANAN.
Waktu pelayanan menjadi sensitif karena pada dasarnya pelanggan tidak suka menunggu. Dalam banyak kasus pelayanan semisal ke rumah sakit dari 4 jam total waktu berkunjung ke rumah sakit nyatanya waktu berguna seorang pasien hanya 25 menit, 10 menit ketemu dokter 15 menit menunggu obat sisanya habis untuk mencari parkir, registrasi, menunggu dokter belum datang, dsb nya.
Perbandingan antara waktu berguna 25 menit diatas dengan total waktu 4 jam diatas disebut sebagai value add rasio.
Penyedia pelayanan yang konsen dengan value add rasio yang diterima oleh pengunjung akan selalu memperbaiki system pelayanannya karena hal ini terkait dengan jumlah pengunjung yang bisa dilayani.
Semakin pendek waktu berkunjung dan semakin pengunjung tidak lama menunggu maka akan lebih banyak pengunjung yang akan dilayani dan tentunya ini akan berdampak kepada revenue bagi perusahaan.
Berikut ini beberapa contoh yang dilakukan untuk mengurangi waktu tunggu pengunjung disebuah rumah sakit sebagai salah satu bentuk pelayanan publik.
1. Pemisahan zona parkir fast moving dan low moving
2. Penyediaan parkir pararel
3. Penyediaan titik registrasi yang tersebar
4. Penyediaan registrasi khusus pasien
5. Penyediaan waktu layanan poliklinik pagi sd. Malam dan hari sabtu
6. Pengaturan jadwal praktek dokter lebih pagi.
7. Pengaturan kedatangan pasien dengan sistem kloter.
7. Dll
Tentunya setiap pelayanan publik berbeda solusinya namun spiritnya adalah sama : MEMPERPENDEK WAKTU PELAYANAN untuk PENINGKATAN REVENUE.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...