Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya.
namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung).
Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan.
sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri.
KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya gelar itu sekarang dipegang oleh AVANZA.
contoh Produk lain yang bersaing dengan saudara kandung adalah BATIK AIR vs LION AIR. walaupun beda market, dimana BATIK AIR di lounching untuk market middle-up, tapi tetap pelanggan lebih mengenal LION AIR, sementara BATIK AIR "agak kurang terkenal" dimata pelanggannya, sehingga membuat nama BATIK AIR kurang bersinar,
Produk SAUDARA KANDUNG kadang bukannya saling MENGUATKAN, tapi malah saling MENIADAKAN, dan tentunya hal ini menguntungkan kompetitor lain, karena mereka tidak ahrus bersususah payah mengurangi pesaing, karena pesaingnya ditiadakan oleh saudara kandungnya sendiri.
disinilah sisi lain bisnis, dia tidak mengenal hubungan SAUDARA KANDUNG, karena yang dikenalnya hanya Kompetisi untuk meraih pelanggan dan berakhir MENANG atau KALAH.
Komentar
Posting Komentar