Langsung ke konten utama

1 PRODUK beda SEGMENT

Dalam memulai bisnis para pemula selalu fokus pada memikirkan produk yang harus beda dengan pemain yang sudah ada.
Bisnis tidak selamanya harus fokus pada produk yang berbeda dengan pesaing, pada kenyataannya banyak pelaku bisnis yang sudah lama bersaing dwngan produk yang sama namun segmen pasarnya yang berbeda.
Perbedaan segmen pasar menjadi celah masuk kepada calon pelanggannya tentunya dengan strategi pemasaran yang harus dilakukan secara sistimatis.
Strategi yang dimaksud mulai dari mengenalkan produk, mengedukasi pasar, memberi kesempatan pasar untuk mencoba produk, meminta testimoni calon pelanggan dan dipublikasikan kepada khalayak. Dari tahapan ini tentunya diharapkan calon pelanggan mau membeli produk yang di tawarkan.
Pengenalan produk dapat dilakukan melalui iklan dikoran, radio, fb, twitter, youtube, sms. Dll
Edukasi pasar bisa dilakukan melalui mengikuti pameran, talkshow di mall atau radio. Dalam kegiatan ini diharapkan ada tanya jawab ttg produk yg ditawarkan.
Ujicoba produk dapat dilakukan melalui test produk, kalau di industri makanan melalui test food kalau diindustri otomotif melalui test drive.
Meyakinkan calon pelanggan dapat dilakukan melalui publikasi testimoni calon pelanggan yang pernah mencoba dan merasa puas dengan produk yang di tawarkan.
Ketika 4 tahap diatas sudah dilakukan tentunya kita berharap calon pelanggan lain akan membelinya. agar semuanya berjalan terus menerus tentunya harus dipertimbangkan persoalan harga jual, lokasi penjualan, harga, proses pembelian, kemasan, dll.
Industri rokok sangat menarik diperhatikan karena persaingan yang cukup sengit di industri ini membuat pelaku bisnisnya membuat strategi pemasaran yang beragam.
Sebagai orang yang mengamati dari sisi pelanggan melalui pengenalan produk via iklan tv saya dapat menangkap kesan dari iklan yang disampaikan.
Semisal djisamsoe untuk pemikir berat, emild untuk anak muda kreatif, djarum coklat untuk emang emang, djarum untuk petualang dan gudang garam merah untuk orang yang suka ke dukun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...