Langsung ke konten utama

Menambah REVENUE dari yg TIDAK NAMPAK

Menambah REVENUE dari yg tdk NAMPAK.
Low cost carier semacam air asia, sriwijaya air, lion air membuat terosan baru dimana pramugari pesawat di beri tugas tambahan.
Seperti kita ketahui pramugari bertugas menyambut kedatangan penumpang diatas pesawat, membantu mengarahkan duduk penumpang dan menjelaskan perihal safety perjalanan dari titik keberangkatan ke titik tujuan.
Saat pesawat sudah stabil terbang di udara,  pramugari diberikan tugas tambahan yaitu menawarkan produk merchandise kepada semua penumpang mulai dari parfum, bantal, boneka dan lain sebagainya.
Langkah diatas tidak lain adalah mendayagunakan people perusahaan saat under load di waktu tertentu.
Dibanyak perusahaan sebenarnya dari 8 jam bekerja per orang ada masa dimana sdm tersebut mengalami under load seperti cerita pramugari diatas.
Kisah lain saya temukan pagi ini di rumah sakit di bandung, dimana saat pengantar gizi mengantar makan pagi ke pasien selama ini petugas tsb hanya mengantar makanan untuk pasien padahal disaat yang sama mereka ketemu keluarga pasien namun tidak dimanfaatkan untuk menawarkan makan pagi kepada penunggu pasiennya.
Tadi pagi saat petugas tersebut mengantar makanan untuk pasien, sekaligus menawarkan makan pagi untuk saya yang sedang menunggu yang sedang dirawat.
Ketika saya tanyakan ke petugas tersebut kenapa ibu menawarkan makan pagi ke saya, jawabnya karena yang butuh makan tidak hanya pasien tapi penunggu nya juga.
Akhirnya saya pesan nasi goreng seharga 15 000 made in Dapur Gizi rumah sakit tersebut.
Bayangkan jika 1 pasien ditunggu oleh 2 orang dan ada 500 pasien hari itu yang dirawat berapa revenue yang diperoleh per bulannya,  hanya dari menambah tugas saja dari sdm yang ada tidak sampai menambah unit bisnis baru yang perlu rekrut orang baru dan fasilitas baru apalagi sampai buat struktur baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...