Kebahagian pelaku usaha adalah ketika banyak pelanggan membeli produk yang dijualnya.
Fenomena penjualan online saat ini telah menjadi fenomena baru pertumbuhan penjualan, dari pertumbuhan linier menjadi exponencial.
Namun demikian banyak faktor yang menyebabkan tingginya angka penjualan satu diantaranya adalah bagaimana upaya perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada pelanggan dengan sebuah tahapan yang sistimatis.
Setidaknya terdapat 7 alasan bagi setiap pelanggan dalam memutuskan untuk mwmbeli sebuah produk.
Diantaranya harus mengenal produknya, harus memperoleh edukasi tentang produk yang akan digunakan, diberi kesempatan untuk memilih produk yang diinginkan sampai kemudian yakin bahwa produk yang dibelinya sesuai dengan yang dibutuhkannya.
Untuk sampai fase MEMBELI, banyak perusahaan melakukan segala upaya baik mulai dari fase Mengenalkan, fase mengedukasi, fase memilih, fase meyakinkan sampai dengan fase membeli itu sendiri.
Dalam fase memperkenalkan perusahaan menggunakan multi media baik secara online maupun off line untuk memperkenalkan produknya, hal ini dilakukan agar calon pelanggan mengenal produk yang ditawarkan. Dalam chanel offline kita sering melihat pengenalan produk dilakukan melalui media koran, majalah, advertising,, brosur dan media lainnya. Dalam chanel online perusahaan menggunakan media website, sosial media, marketplace dan lain sebagainya.
Dalam fase mengedukasi, perusahaan menggunakan ragam event dimana tujuannya adalah untuk dapat berinteraksi dengan calon pelanggannya. Beberapa cara yang dilakukan adalah melalui event pameran, talkshow, kunjungan, kerjasama event dan lain sebagainya. Dalam fase ini diharapkan perusahaan mampu memberikan informasi lebih kepada pelanggannya dengan produk yang dijualnya.
Dalam fase memilih, hal ini dilakukan bersamaan dengan proses edukasi dimana untuk merangsang calon pelanggannya perusahaan melakukan promosi produk baik berupa diskon harga atau kemudahan layanan yang diberikan. Di fase ini yang diharapkan adalah calon pelanggan tertarik untuk melakukan transaksi pembelian produk.
Dalam fase meyakinkan, banyak perusahaan melakukan co branding dengan public figur yang dianggap populer ditengah masyarakat tentunya figur yang dipilih harus mewakili produk yang di promosikan. Semisal untuk produk kecantikan selalu menggunakan wanita cantik sebagai co bradingnya, dan untuk produk suplemen laki-laki menggunakan figur laki-laki yang dianggap gagah perkasa.
Dalam fase pembelian, banyak perusahaan memberikan kemudahan calon pelanggannya untuk membeli di outlate-outlate yang ditunjuk oleh pemilik produk. Semakin mudah diakses maka semakin banyak calon pembeli akan membli produknya. Di era digital saat ini hal ini lebih dimudahkan karena pemilik produk dapat menjualnya dalam layanan online.
Semakin perusahaan gencar melakukan hal diatas maka peluang pelanggan untuk membeli produknya akan lebih tinggi.
Komentar
Posting Komentar