Langsung ke konten utama

Trend. Strategy. Idea. Result untuk KEBERLANJUTAN Perusahaan

Keberlangsungan  bisnis perusahaan tidak terlepas dari 4 hal : trend. strategy. Idea and result.

Trend terkait bagaimana perusahaan merespon kondisi external yang terjadi baik dari sisi perubahan prilaku pasar,  Strategy kompetitor dan kebutuhan pasar.

Strategy terkait dengan strategy  portopolio dan strategy kompetisi menuju arah yg sudah ditetapkan. Strategy kompetisi tdk bisa di tetapkan ketika strategy portopolionya belum dipilih. Kombinasi keduanya akan menetapkan resultan pertumbuhan perusahaan.

Idea terkait dengan pengembangan produk or layanan yang selaras dengan trend yang terjadi di eksternal melalui integrasi proses product development dan product delivery sehingga idea sampai ke pasar.

Result terkait dengan goals perusahaan yang ingin dicapai dari usaha yang dilakukan yang melibatkan seluruh komponen proses internal perusahaan.

Perusahaan yang mampu menyelaraskan ke 4 hal diatas secara terintegrasi relatif akan mampu mempunyai kemampuan untuk daya lestari yang mengantarkan perusahaan untuk selalu eksis dipasar.

Pun sebaliknya jika tidak mampu menyelaraskan akan berakhir tragis tenggelam di telan kompetitor.

Kita ambil 1 contoh perusahaan dimana perusahaan ini mempunyai daya lestari yang cukup baik karena selalu merespon 4 poin diatas yaitu blue bird.

Adanya trend kebutuhan akan kenyamanan berkendaraan umum di jakarta direspon oleh blue bird dengan penyediaan kendaraan yang bisa digunakan oleh publik.

Strategy portopolio yang dipilih adalah dengan menyediakan armada taxi dan armada pariwisata dari jenis sedan hingga bus, dengan fokus strategy kompetisi yabg dijalankan operational excellence, strategi ini memungkinkan penumpang merasa nyaman selama diperjalanan.

Banyak idea yang dilakukan perusahaan ini agar penumpangnulya nyaman diantaranya armada yang selalu up date dengan kebutuhan pasar, layanan on call, pengembalian barang yg ketinggalan dan tidak lupa juga selalu berupaya menjaga sdmnya betah bekerja melalui proses pengembangan, peningkatan kenyamanan dan kesejahteraan.

Hasil yang dicapai adalah walaupun sempat goyang dengan hadirnya taxi online namun berkat pondasi perusahaan yang kokoh perusahaan ini mampu melewatinya dan hingga saat ini tetap eksis di premium market kebutuhan transportasi masyarakat yang membutuhkan kenyamanan selama perjalanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...