Langsung ke konten utama

UNGGUL dg Layanan UNGGULAN

Persaingan bisnis memang selalu sengit, hal. ini tidak hanya dari usaha sejenis namun persaingan juga hadir dari industri yang tidak sama.

Dari industri sejenis kita bisa ambil contoh persaingan sengit antara retail A dan Retail B,  Walaupun secara fisik dan layanan kepada pelanggan terlihat sama, namun dalam bisnis model keduanya berbeda.

Retail A menerapkan kebijakan kemitraan dengan vendor hanya sebatas mensuply barang saja  dan mengantarnya sampai gudang untuk selanjutnya pihak retail yang mengurus penataan di space dan proses penjualannya, sementara retail B  mengeluarkan kebijakan vendor tidak hanya mengantar barang sampai gudang saja namun turut serta mengelola barang jualannya di space yang disepakti.

Endingnya Retail B lebih unggul dari Retail A dalam persaingan sesama jenis usaha ini, hanya dengan merubah model bisnisnya saja. 

Untuk persaingan antar industri berbeda namun dengan pelayanan yang sama dapat kita lihat antara industri Bank dan Pegadaian.

Dua industri ini menawarkan hal yang sama yaitu menawarkan pinjaman dana kepada pelanggannya. Kehadiran lembaga selain bank yang menawarkan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh bank cukup menambah berat persaingan disisi landing bagi bank.

Bank tidak hanya bersaing dengan bank lain dalam peminjaman dana namun juga bersaing dengan industri lain yang menawarkan hal yang sama.

Dari contoh diatas tentunya pelaku usaha selalu dibayangi oleh pilihan  Win or loss dengan hadirnya  kompetitor dalam memikat calon pelanggannya.

Unggul dengan layanan unggulan pada akhirnya menjadi sebuah keharusan dan kewajiban bagi pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya untuk selalu eksis melayani pelanggan.

Unggul berarti bagaimana perusahaan menciptakan daya tarik kepada calon pelanggannya agar menjadi pilihan.

Setidaknya dimata pelanggan hanya ada 3 hal yg menjadi Daya tarik  ketika memutuskan untuk membeli sebuah produk atau layanan, yaitu : kualitas produk, harga yg terjangkau atau kecepatan layanannya.

Dari sisi kualitas produk, hal ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang fokus di market middle up, dimana karakteristik pasarnya adalah Ketika pelanggan membeli produk, hal yang sering ditanyakan bukanlah harga produk namun inovasi terbaru apa yang disajikan saat itu.

Jenis perusahaan yang mengusung tema kualitas produk biasanya sangat didukung oleh tim product development, marketing dan customer care yang mudah dihubungi.a

Dari sisi harga yang terjangkau, hal ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang fokus  menggarap middle low market dimana Ketika pelanggan membeli layanan yang diberikan yang menjadi pertimbangan adalah harga yang terjangkau.

Perusahaan yang mengusung tema harga yang terjangkau biasanya sangat didukung oleh proses  pemilihan vendor  dan operasional layanan yang efisien.

Dari sisi delivery, hal ini banyak dilakukan  oleh dunia perbankan dimana bank sangat konsen memperbaiki kemudahan akses kepada pelanggannya utk dapat menikmati pelayanan yabg diberikan.

Semisal hadirnya kantor cabang, mesin atm, gerai atm, sms banking, internet bangking dan kolaborasi dengan retail untuk dapat mengambil tunai di kasir retail menjadi andalan yang diberikan kepada pelanggannya.

Dari uraian diatas, pilihannya adalah apakah perusahaan ingin unggul dimata pelanggan dari sisi Produk, harga yang terjangkau atau kecepatan pelanggan mengakses layanan yang diberikan.

Namun demikian dalam prakteknya sering terjadi 2 perusahaan diindustri yang sama menerapkan menekankan yang berbeda.

Semisal industri penerbangan antara maskapai A yang fokus di menggarap pasar menengah atas dan maskapai B yang menggarap pasar menengah bawah.

Ketika pelanggan memilih maskapai A  yang menjadi pertimbangan pelanggan adalah kualitas pelayanan selama perjalanan di udara, namun ketika pelanggan memilih maskapai B maka yang menjadi pertimbangan adalah harga yang terjangkau saat melakukan pembelian tiketnya.

Tidak ada yang salah dengan memilih Layanan unggulan yang diberikan oleh perusahaan tergantung segmen pasar mana yang menjadi fokus pelayanannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...