Langsung ke konten utama

Mengapa perlu PENGELOLA SDM RS

Mengapa  perlu
PENGELOLA SDM RS.

RS. Bertujuan untuk tumbuh dan berkembang.

Oleh karenanya hrs ditunjang oleh pendapatan  dan efisiensi biaya.

Hal ini bisa terwujud jika volume pasien meningkat baik yg loyal maupun yg baru.

Volume pasien bisa terwujud jika layanan yg diberikan punya nilai tambah dari sisi kualitas layanan. Waktu layanan dan harga yg terjangkau.

Semua itu hrs tercermin dalam layanan parkir. Igd.poly. Admision. Ranap. Diagnostik.
Dan dirasakan langsung oleh pasien.

Pelayanan yg diinginkan oleh pasien diatas bisa terwujud jika ditopang oleh sdm yg kompeten. Budaya yg kondusif dan penggunaan teknologi.

Dimana 3 kombinasi diatas dapat menyajikan sebuah pelayanan yang mempunyai nilai tambah dari cara kerja yng efektif dan efisien.

Memastikan sdm yg kompeten itu tugas sdm melalui proses perencanaan. Staffing. Penilaian kinerja.kompensasi.pengembangan dan hubungan industrial.

Pengelola sdm hrs pastikan  sdm2 kompeten yg di miliki betah bekerja di RS.

Ada 3 hal yg membuat mereka betah.

Merasa berkembang
Merasa nyaman
Merasa sejahtera.

Karena 3 hal ini pula yg sering muncul pertanyaan dari karyawan.

Soal pengembangan terkait dengan kesempatan training.pendidikan dan karir.

Soal kenyamanan terkait dengan fasilitas.relasi dg rekan kerja.

Soal kesejahteraan selalu menarik karena ada angkanya. Penilaian kinerja. overtime.tunjangan.kenaikan kelas. Asuransi dan takehomepay yang diterima.

mari kita bersama2 memberikan mereka rasa betah bekerja di rs agar sdm kompeten yg kita miliki makin betah bekerja di rs dan terus kehadirannya terus memberi nilai tambah bagi pelayanan kepada pasien yang lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...