Langsung ke konten utama

Meraih KEUNTUNGAN dari 5 AGENDA WISATAWAN.

Libur telah tiba, hore...hore....hore, begitulah lirik lagu sherina kecil dalam salah satu album lagunya beberapa tahun lalu.

tentunya banyak persiapan yang dilakukan orang yang akan berwisata dimana hal ini terkait dengan kebutuhan pribadi, agenda selama berwisata, dll.

namun banyak yang tidak mengetahui bahwa sedikitnya ada 5 hal yang menjadi perhatian wisatawan saat mengunjungi sebuah daerah untuk berwisata, yaitu: to LOOK, to STAY, to EAT, to SHOP, to PLAY.

to look, artinya hal menarik apa yang aka dilihat, to stay artinya tinggal di hotel mana yang membuat nyaman selama liburan, to eat artinya makan enak apa saja selama liburan, to shop artinya oleh-oleh apa saja yang bisa di bawa saat pulang dan to play artinya tempat bermain apa saja yang menyenangkan di lokasi wisata yang bisa dinikmati.

beberapa kota besar dan sudah menjadi tujuan wisatawan menyiapkan 5 hal tersebut dengan ragam pilihan sehingga setiap musim liburan pasti daerah tersebut banyak di banjiri wisatawan berlibur dan tentunya berdampak kepada pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

namun disisi lain banyak daerah menawarkan hanya to LOOK yang GOODLOOKING saja, dimana saat promosi dikenalkan sebuah pemandangan yang indah namun kedododoran di 4 hal lainnya, malah kadang menuju lokasinya pun harus menyiapkan KERESEK PLASTIK ITEM untuk bekal dijalan kalau-kalau MUNTAH gara-gara harus melalui jalan yang kurang baik. .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...