Langsung ke konten utama

Runtuhnya PENOPANG oleh TITIK LEMAH

Runtuhnya PENOPANG oleh TITIK LEMAH

Kita bisa berdiri karena ada yang nenopang, namanya KAKI, jika 1 kaki saja tidak berfungsi dengan baik maka, jika tidak diganti dengan kaki buatan setiap orang tidak bisa berdiri kembali.

Perusahaanpun demikian, dibalik eksisnya hari ini melayani pelanggan tentu ada yang menopang, dalam kondisi ideal hal ini disebabkan karena sistem organisasinya berjalan dengan baik.

Sistem yang selalu adaptif terhadap perubahan eksternal yang selalu mengancam eksistensi perusahaan dalam melayani kebutuhan pelanggan.

Sistem yang adaptif setidaknya harus ditopang oleh 3 hal  pilar: Leadership, budaya dan sistem operasional perusahaan yang efektif dan efisien.

Leadership, adalah seni mengelola banyak orang dalam perusahaan untuk secara bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Budaya memiliki peran penting untuk membangun suasana kerja yang memastikan semua orang untuk saling kenal, saling percaya, mau membangun komitmen bersama dan saling bahu membahu mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Operasional adalah bagaimana tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan cara cara yang senantiasa mengedepankan sisi qualitas produk yang diinginkan oleh pelanggan  yang dilakukan secara efektif dan efisien dengan dukungan semua pihak yang terlibat di perusahaan.

Jika perusahaan sudah tidak memiliki ke 1 diantara 3 hal diatas, maka sebuah tanda mulai Runtuhnya PENOPANG Perusahaan.

Sebelum semua penopang runtuh dan berdampak pada kelumpuhan perusahaan, maka deteksi dini dibutuhkan untuk mengetahui titik lemah dari ke 3 hal tersebut, karena keandalan kerja perusahaan ditentukan oleh titik yang paling lemah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...