Langsung ke konten utama

INOVASI berbasis PROSES

INOVASI berbasis PROSES

Proses adalah kumpulan kegiatan yang dilakukan secara sistimatis dan terukur yang bertujuan menghasilkan produk atau layanan dibutuhkan oleh pelanggan.

Misalnya Pada penciptaan produk, dibutuhkan sebuah rangkaian proses yang terdiri dari penyediaan bahan baku, penyimpanan bahan baku, pembuatan produk, penyimpanan bahan jadi, penjualan dan pelayanan.

Inovasi adalah terobosan baru yang bertujuan memberi nilai baru bagi produk atau layanan yang ditawarkan.

Banyak perusahaan melakukan inovasi berbasis proses yang dimilikinya, apakah dari sisi penyediaan bahan baku, proses pembuatan, penyimpanan, penjualan maupun pelayanan seperti pada rangkaian proses diatas.

Starbuck melakukan inovasi pada penyediaan material gelas, dimana bahan gelas jika anda order  take way bisa tahan 8 jam. Hal ini digemari oleh orang yang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan.

Toyota, melakukan inovasi pada penyimpanan sparepart untuk pembuatan mobil dengan inovasi just in time, dimana vendor hanya boleh mengirim batang sebanyak yg dipesan dan kapan dibutuhkan.

Restoran padang dengan beberapa outlate memproduksi makanan siap sajinya di 1 dapur, dan setelah matang di distribusikan ke beberapa outlate yang dimiliki, hal ini guna melakukan efisiensi pada investasi proses produksi.

Inovasi Penjualan tanpa COUNTER milik sendiri dilakukan oleh western union dan perusahaan asuransi dimana counter layanan memanfaatkan counter dan karyawan perusahaan lain untuk melayani pelanggan.

Inovasi Pelayanan tanpa counter layanan dilakukan oleh banyak pihak leasing yang memanfaatkan kantor pos, alfamart, indomart untuk memfasilitasi proses pembayaran konsumen ke perusahaan tersebut.

Dengan memgenali rangkaian proses dalam menciptakan produk atau layanan diatas, maka akan memudahkan pelaku usaha dalam melakukan inovasi bagi kegiatan usaha yang dilakukannnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...