Langsung ke konten utama

TARIF berbasis KENYAMANAN

TARIF berbasis KENYAMANAN.

Perusahaan selalu berkreasi untuk memberikan banyak pilihan kepada pelanggannya.

Kalau yang paling umum perusahaan menyediakan varian produk, dari mulai yang premium sampai low price.

Kreasi yang lain, tarif ditentukan oleh cara pembayaran. Di property ada istilah cash keras, DP ringan, Cicilan flat, malah sampe beli rumah bonus ISINYA.

Di layanan publik pun semacam transportasi  seperti kereta apipun diberlakukan hal yang sama dengan menyediakan kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif dengan gerbong berbeda fan tentunya fasilitas berbeda.

Namun ada yang menarik yang menjadi terobosan KAI saat ini, dimana jika dulu tarif ditentukan oleh perbedaan kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi saat ini tarif dalam 1 kelas pun berbeda beda.

Untuk posisi duduk ditengah gerbong, harganya lebih mahal dibandingkan yang ujung gerbong.

Semisal di eksekutif argogede, kalau duduk di kursi tengah gerbong tarifnya 120 ribu, kalau di ujung gerbong 100 ribu utk 1x perjalanan jakarta ke bandung pun sebaliknya.

Memang secara kenyamanan ditengah gerbong lebih nyaman dibandingkan ujung gerbong yang sering terganggu oleh SUARA PINTU antar gerbong yang buka tutup dan AROMA TOILET yang 360 derajat terbalik dengan aroma parfum.

dalam menjual Jasa kenyamanan menjadi hal utama, sehingga ditengah keterbatasan pengembangan fasilitas yang ditawarkan, kenyamanan selama menikmati pelayanan bisa menjadi pilihan untuk menentukan varian tarif bagi pelanggan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...