Langsung ke konten utama

ANTRIAN & Pemberian PAKET LEBARAN

Sudah seperti tradisi lebaran yang lalu lalu, , banyak pihak menjelang hari idul fitri membagikan paket idul fitri kepada pihak pihak yang dianggap berhak menerima.

Dalam prakteknya terkadang banyak mengalami kendala terutama dalam mengatur kerumunan orang yang datang agar tertib.

Cara yang diambil kadang dominan menurunkan aparat polisi, koramil dan hansip untuk menghalau kerumunan yang mulai tidak disiplin.

Dibeberapa daerah pun banyak tragedi yang terjadi dalam kegiatan pembagian ini, mulai dari lemas, pingsan sampai ada yang merenggut korban.

Untuk mengantisipasi hal diatas supaya penerima tidak berdesak desakan NGANTRI, dapat diberlakukan pemecahan antrian dengan pilihan cara cara sbb:

Waktu pengambilan kupon paket dan pengambilan paket harus dipisahkan, misalnya pengambilan kupon pagi ke siang, pengambilan paket siang ke sore.

Pengambilan kupon hanya 1 orang dilarang bawa anak, untuk antisipasi dibuat area embarkasi dimana di area ini ditentukan hanya 1 orang yang boleh masuk loket pengambilan kupon. Sisanya menunggu diluar.

Ada baiknya panitia menyediakan arena bermain anak supaya anaknya bermain tidak ikut antrian.

Untuk proses pengajuan kupon dapat diberlakukan sistem ONLINE, BY PHONE, DATANG LANGSUNG ke loket pemberian kupon dengan menyiapkan loket yang cukup banyak. Di dalam kupon harus mencantumkan cara pengambilan.

Untuk  cara pengambilan paket dapat diberlakukan sistem:

1. DELIVERY ORDER, Layanan pengantaran langsung ke alamat penerima.

2. DRIVE THRUE, Layanan pemberian paket dimana penerima tidak perlu turun dari motornya.

3. TAKE WAY, layanan pemberian paket dimana penerima langsung datang ke lokasi yang ditentukan.

4. KLOTER KEDATANGAN, layanan pemberian paket dimana diatur jam kedatangannya. rt 1 jam 08.00 sd 09.00, rt 2 jam 09.00 sd 10.00 dst nya.

Dengan mengatur ANTRIAN kita akan terhindar ssri kejadian kejadian tahun lalu yang tidak diinginkan.

SELAMAT MENCOBA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...