Langsung ke konten utama

Ancaman dari PENDATANG BARU


Layaknya sebuah pelayanan, harus terus melakukan transformasi agar terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya.
Namun banyak penyelenggara pelayanan publik yang sudah merasa dirinya besar selalu terlambat dalam melakukan perubahan.
Sikap SUDAH MERASA paling JAGOAN lah yang membuat banyak perusahaan besar enggan berbenah diri secara internal dan selalu menganggap kecil pendatang baru dalam bisnis yang sama.
Dibanyak perusahaan besar dengan birokrasi yang sudah terlanjur ruwet energi malah habis untuk konflik internal dan semua pihak lalai dengan perubahan eksternal yang terjadi.
Saat LION AIR hadir, GARUDA memandangnya sebelah mata, tapi kalau sekarang ke bandara soetta 2/3 bandara dikuasai oleh armada lion air. Belakangan baru nyadar LION adalah sebuah ancaman walaupun sudah terlambat akhirnya bikin juga citylink.
Di industri hotel muncul budget hotel yang menawarkan konsep harga terjangkau di kawasan premium dan kehadirannya ancaman tersendiri bagi hotel2 yang sudah terlanjur dibangun dengan multy fasilitas.
Yang paling fenomenal go jek di jakarta yang bikin merinding perusahaan taxi sekelas blue bird karena tarifnya wow..... lebih murah dan cepat , ditambah lagi dengan kenaikan dollar saat ini banyak orang semakin realistis.
Perusahaan perusahaan baru diatas adalah perusahaan yang menyadari dari awal bahwa untuk terus berada di pusaran peluang perusahaan harus fokus mengelola pasar, bergerak lebih cepat dan terus bertransformasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...