Langsung ke konten utama

Nasib TOLIKARA nan JAUH DISANA


Penerus pemerintahan NKRI punya beban berat untuk mengurus wilayah yang se abrek luasnya dari sabang sampai merauke dari urusan infrastruktur sampe kerukunan beragama.
Saking luasnya Soal infrastruktur saja BELANDA selama 350 tahun ngurus NKRI cuma bisa berhasil membangun trans jawa dari anyer sampe panarukan.
Sukarno sebagai presiden pertama NKRI meneruskannya dengan membangun trans sumatra lewat koleganya ir. Sutami.
Jaman SBY mencanangkan apa yang disebut proses percepatan pembangunan melalui program MP3EI dengan pendekatan pembangunan conector, koridor dan cluster. Konsep ini di bawa oleh boston consulting grup karena dianggap sukses dijalankan di mumbai india. Saat itu kita mengenallah salah satunya rencana pembangunan jembatan selat sunda sebagai conector yang menghubungkan koridor jawa dan sumatra dengan harapan cluster cluster ekonomi di koridor jawa dan sumatra dapat lebih cepat berkembang. Walaupun sampe lebaran kemaren jembatannya belum ada juga. Hehe.
Seiring dengan SBY, JOkowi dalam kampanyenya menjanjikan akan membangun apa yang di sebut tol laut. Lewat hal ini diharapkan lalu lintas antar pulau di indonesia lebih bisa cepat dilayani.
Tolikara sebuah kabupaten nan jauh disana ditanah papua, Digambarkan untuk menuju kesana hanya ada pesawat cesna yang perginya tergantung cuaca. Dari info singkat ini saja butuh kantong tebal untuk mencapainya.
Tidak lama jokowi jadi presiden kunjungan pertamanya adalah papua. Mudah mudahan ini menjadi sebuah tanda seriusnya era jokowi membangun tanah papua (syukur syukur tol laut yang dicanangkan jokowi lanjut ke pembangunan trans papua yang menghubungkan wilayah papua termasuk tolikara nan jauh disana.
Terbukanya akses infrastruktur tentunya akan terbukanya akses lainnya termasuk bagaimana tolikara belajar menjaga kerukunan antar umat beragama dari saudaranya nan jauh disana di pulau jawa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...