dalam bisnis persoalan penciptaan produk/ layanan, system operasi dan produk/ service delivery jadi persoalan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
3 hal diatas memerlukan inovasi. kenapa harus inovasi?
dari sisi penciptaan produk inovasi dibutuhkan untuk menciptakan keunikan produknya sehingga sulit ditiru pesaing. jika produk unik maka 80% marketing sudah berhasil.
inovasipun diperlukan dalam system operasi terkait bagaimana produk itu di buat dimulai dari pembelian bahan baku, pembuatan produk, hingga produk jadi dan siap dipasarkan.
inovasi product delivery terkait dengan bagaimana produk bisa diterima oleh pasar melalui rangkaian kegiatan pengenalan produk, edukasi, ujicoba, proses meyakinkan dan sampai akhirnya konsumen mau membeli produk tersebut.
semisal saat ini yang paling sengit adalah bisnis di industri kopi khususnya di sisi hilir.
pasca starbuck muncul di market dengan menggabungkan kopi dengan life style sebagai keunikan pelayanannya bermunculan coffee shop lain yang menjajakan hal yg sama.
namun starbuck saat ini belum tergoyahkan. salah satu keunikan yg dimiliki adalah gelas kopi yg dipakai utk delivery order bisa tahan panas 8 jam, hal ini menjawab keinginan pelanggan untuk minum kopi selalu dalam keadaan panas.
dari sisi sistem pengadaan kopi mrk tidak main2 dengan kualitas kopi dan proses pengolahan kopi di depan customer memberi demo effect sendiri dalam hal meyakinkan pelanggan bahwa proses pembuatan dilakukan secara higenis ditambah dilakukan oleh para pelayan yang nampak kompeten.
disisi delivery product pun keunikan dibangun melalui pelayanan 24 jam dan dibangun dilokasi lokasi jalan utama kota sehingga memberi kemudahan akses pelanggannnya dan bikin betah berlama2 orang untuk ngopi disana dengan nuansa interior yg ngebetahin.
Komentar
Posting Komentar