Langsung ke konten utama

INOVASI di SEMUA LINI


dalam bisnis persoalan penciptaan produk/ layanan, system operasi dan produk/ service delivery jadi persoalan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
3 hal diatas memerlukan inovasi. kenapa harus inovasi?
dari sisi penciptaan produk inovasi dibutuhkan untuk menciptakan keunikan produknya sehingga sulit ditiru pesaing. jika produk unik maka 80% marketing sudah berhasil.
inovasipun diperlukan dalam system operasi terkait bagaimana produk itu di buat dimulai dari pembelian bahan baku, pembuatan produk, hingga produk jadi dan siap dipasarkan.
inovasi product delivery terkait dengan bagaimana produk bisa diterima oleh pasar melalui rangkaian kegiatan pengenalan produk, edukasi, ujicoba, proses meyakinkan dan sampai akhirnya konsumen mau membeli produk tersebut.
semisal saat ini yang paling sengit adalah bisnis di industri kopi khususnya di sisi hilir.
pasca starbuck muncul di market dengan menggabungkan kopi dengan life style sebagai keunikan pelayanannya bermunculan coffee shop lain yang menjajakan hal yg sama.
namun starbuck saat ini belum tergoyahkan. salah satu keunikan yg dimiliki adalah gelas kopi yg dipakai utk delivery order bisa tahan panas 8 jam, hal ini menjawab keinginan pelanggan untuk minum kopi selalu dalam keadaan panas.
dari sisi sistem pengadaan kopi mrk tidak main2 dengan kualitas kopi dan proses pengolahan kopi di depan customer memberi demo effect sendiri dalam hal meyakinkan pelanggan bahwa proses pembuatan dilakukan secara higenis ditambah dilakukan oleh para pelayan yang nampak kompeten.
disisi delivery product pun keunikan dibangun melalui pelayanan 24 jam dan dibangun dilokasi lokasi jalan utama kota sehingga memberi kemudahan akses pelanggannnya dan bikin betah berlama2 orang untuk ngopi disana dengan nuansa interior yg ngebetahin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...