Langsung ke konten utama

Ketika RITUAL AGAMA sudah jadi KOMODITAS JUALAN.


Maraknya masyarakat indonesia untuk berangkat ke tanah suci tidak terkecuali umroh menjadi satu peluang baru bagi pebisnis untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berniat berangkat umroh.
Salah satu kemudahan yang diberikan soal skema pembayaran.
Dulu kalau mau berangkat harus menyediakan uang cash untuk disetorkan ke travel yang mengurus keberangkatannya.
Namun sekarang beragam skema pembayaran bermunculan tanpa harus melakukan pembayaran tunai.
Salah satu bank menawarkan ala kredit motor. Dengan dp 5 juta ybs bisa langsung berangkat sisanya dicicil after ybs pulang dari umroh.
Yang lain menawarkan melalui kartu kredit dimana tinggal gesek kartu saja pulang dari sana ybs tinggal memilih mau bayar lunas sebelum jatuh tempo atau nyicil seperti prosedur biasanya.
Yang lain menawarkan dengan program arisan 500 ribuan. Dimana peserta arisan secara bergantian akan berangkat.
Yang lain menawarkan paket menabung 500 ribuan flat srlama 5 tahun dijamin berangkat plus dapat bunga tabungan selama 5 tahun.
Yang lain jika ybs bisa mencari 10 jamaah maka ybs bisa ikut berangkat.
Untuk meyakinkan promosinya biasanya unsur ustadz beken dimunculkan yg dipajang di papan advertising jalan utama, ini memang penting untuk menjadi daya tarik jualan, cuma agak risih juga melihatnya karena jejeran kartu kredit berjejer di bawah sang ustadz.
Semua cara ini dilakukan memang untuk menangkap adanya peluang besar calon jamaah yang cukup besar di sini dan ketika itu dibaca oleh pebisnis maka kemasan promosi yang memberi kemudahan menjadi faktor penentunya tidak terkecuali soal berbagai skema pembayaran diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...