di operasional pelayanan rumah sakit banyak titik antrian yang bisa dijadikan indikator lambannya sistem pelayanan kesehatan yang sedang berjalan.
Titik titik antrian yang secara kasat mata bisa kita lihat adalah antrian registrasi pasien, antrian pasien rencana operasi, antrian pasien di admision dan lain lain tidak terkecuali parkir.
Parkir nampaknya tidak ada kaitannya dengan pelayanan kesehatan di rumah sakit namun jangan lupa parkir adalah pintu akses masuk sebelum pasien mengikuti pelayanan kesehatan.
Se orang CEO rumah sakit mengatakan jika jam 10 siang parkir STAG alias tidak bergerak berarti ada yang tidak beres dengan LAYANAN FARMASI di poliklinik.
Mengapa bisa demikian?
Kunjungan asien datang rata rata jam 8 - 9 ke poliklinik. Jika lead time Yaitu waktu pasien sejak datang, registrasi, menjalani pemeriksaan dan tindakan serta mengambil obat di apotik poliklinik adalah 2 jam, maka kalau sistem pelayanan jika berjalan normal tidak akan terjadi penumpukan di PARKIR KENDARAAN.
Di sebuah rumah sakit swasta di jakarta yang saat ini sedang kebanjiran pasien bpjs, parkir menjadi titik krusial yang menjadi indikator lamban atau cepatnya sistem pelayanan.
Jika jam 11 siang parkir stag, langkah pertama yang di tilp bukan petugas parkir yang dianggap tidak becus mengelola parkir tapi yang di tilp adalah kepala farmasi yang menanyakan: KENAPA PELAYANANNYA BISA LAMBAT? Awalnya ybs bingung kenapa bisa tau terlambat tapi dengan segera ybs memberi jawaban bahwa keterlambatan karena menunggu kiriman obat dari gudang yg terlambat dan tentunya masih banyak alasan lain kenapa sistem layanan bisa terlambat termasuk dari faktor sdm nya sendiri.
Komentar
Posting Komentar