Langsung ke konten utama

MEMBELI untuk DISIMPAN.


Perusahaan untuk menjalankan aktivitasnya melakukan serangkaian kegiatan baik pemasaran, produksi, penyimpanan tidak terkecuali pembelian.
Pembelian dilakukan oleh perusahaan baik yang terkait dengan barang investasi, barang rutin maupun yang terkait dengan pemeliharaan.
Pembelian dibanyak perusahaan terkadang tanpa perencanaan yang matang dan selalu berbasis kepada permintaan dadakan.
Yang terjadi selanjutnya adalah karena perusahaan membeli dadakan dan tanpa perencanaan yg matang akhirnya barang yang di beli acap kali berlebih dan sisa lebih ini yang menjadi beban gudang untuk menyimpannya.
Gudang bagi banyak perusahaan menjadi persoalan tersendiri karena semakin banyak barang yang disimpan maka semakin membutuhkan space yang besar dan hal ini menjadi biaya tersendiri bagi perusahaan.
Oleh karenanya banyak perusahaan berupaya untuk menghilangkan fungsi gudang dengan berbagai cara hal ini untuk menghindari stock barang berlebih.
Yang paling fenomenal adalah careufour. Ketika suplier mengantar barang pesanan dan sampai di lokasi selama barang belum ada yang beli barang masih milik suplier.
Alfamart dengan ukuran outlate sebesar ruko mengambil kebijakan stock barang di gudang yang tersentral, dimana 1 gudang sentral melayani hampir 1000 toko kalau tidak salah.
Dengan adanya keresahan banyak perusahaan akan fungsi gudang menjadi peluang tersendiri bagi pelaku usaha lain untuk membuat kawasan pergudangan.
Dalam dunia proyek pun fungsi gudang lapangan sudah lama ditinggalkan. Kalau kita lihat pembangunan tower2 baru diibukota saat ini sudah tidak ada lago gudang lapangan, semua barang ketika datang langsung dipasang sendiri oleh tim suplier.
Persoalan gudang dan beberapa solusi diatas menggambarkan pentingnya persoalan gudang dan banyak perusahaan jepang sudah menerapkan satu konsep JUST IN TIME dalam mengelola gudang dimana HANYA BARANG YG DIBUTUHKAN dan KAPAN DIBUTUHKAN saja yang harus dibeli.
Dengan menerapkan pembelian dengan pola just in time perusahaan akan terhindar dari penggunaan space gudang yang besar dan akan berdampak terhadap menurunnya biaya perusahaan di dalam pengelolaan gudang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...