Langsung ke konten utama

LION: KESEL - KESEL tapi NGANGENIN

Lion air Adalah maskapai penerbangan yang mendominasi penerbangan domestik hampir keseluruh kota di indonesia.
Indikatornya sederhana saat ini hampir seluruh terminal bandara soetta untuk penerbangan domestik dipenuhi oleh maskapai penerbangan lion air.
Karena sudah mendominasi DELAY seperti sudah menjadi kewajaran bagi para penumpangnya ketika akan berangkat ke kota tujuan.
Untung saja suasana bandara yang nyaman membuat orang masih mau menunggu 1 sd. 2 jam untuk delay keberangkatan pesawat.
Tapi tidak untuk long week and kemarin. Penumpang seperti sudah pada puncak kemarahannya dimana petugas lion di bandara menjadi sasaran caci maki calon penumpang.
Ada 3 solusi yang diambil: pengembalian uang tiket pesawat, menanti delay dengan sabar dan pindah ke maskapai penerbangan lain.
Yang luar biasanya lagi menhub jonan yang terkenal galak soal penertiban transportasi, saat jadi dirut pjka untuk kasus lion seperti SARIAWAN alias tak banyak bicara.
terlepas dari berbagai kekurangan yang ada lion sudah menjelma menjadi maskapai penerbangan domestik yang dominan di indonesia dan toh dengan momentum kejadian kemarin tidak ada 1 maskapai domestik pun yg ambil manfaat dengan mencoba mengambil pelanggan lion.
Lion buat para penumpangnya sudah pada level KESEL KESEL tapi NGANGENIN jadi agak repot bagi maskapai lain untuk mengambil kue penumpang dari lion apalagi lion sudah menjelma menjadi maskapai yang mendominasi penerbangan domestik.
Rusdi kirana sebagai pemilik dalam 1 wawancara di 1 majalah menyampaikan jika lion memang menjadi yang terburuk diantara maskapai yang ada namun penumpang tidak punya pilihan.
Inilah yang terjadi jika satu pihak mendominasi 1 layanan publik seperti halnya bulog mendominasi distribusi beras nasional BERAS BANYAK KUTUNYA PUN UNTUK JATAH RASKIN menjadi tak apa - apa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...