Langsung ke konten utama

ribut AHOK soal PARKIR dari perspektif ALIRAN & ANTRIAN

AHOK minggu ini lagi gemes sama terjadinya kemacetan luar biasa di jakarta, sampai sampai ngeluarin kebijakan derek paksa dan denda 500 ribu ke pelanggar perparkiran.

korban derek paksapun berjatuhan tapi petugas NYERAH pas yang mau di derek mobil truk tronton yang gedenya segambreng.

apa yang ada dipikiran om ahok sebenarnya adalah persoalan ALIRAN DAN ANTRIAN.
Aliran yang dimaksud adalah satu kesatuan aliran lalu lintas yang didalamnya include berbagai kompenen yang wira wiri di jalan raya tidak terkecuali mobil dan motor.

mobil dan motor sering kali memunculkan persoalan dalam lalu lintas, salah satunya persoalan parkir sembarangan yang sering dilakukan, namun selain persoalan parkir terdapat beberapa penyebab terjadinya ANTRIAN dalam ALIRAN:

1. loading/ unloading activities
kegiatan ini banyak dilakukan di pinggir jalan di pusat perbelanjaan jakarta oleh para pedagang yang membongkar muat barang dagangannya. mereka enggan masuk parkiran karena dianggap kegiatan ini sebentar dan mereka akan cepat pergi. namun tidak disadari hal ini mengundang kemacetan panjang.

2. search parking
kegiatan ini terkait dengan pencarian lokasi parkir untuk mobil dan kendaraan yang dimiliki ketika memasuki sebuah pusat perbelanjaan dan perkantoran. kegiatan ini berpengaruh terhadap kemacetan karena kendaraan akan mengurangi kecepatan dan tengok kanan kiri untuk mencari parkir yang kosong.

3. Parking
sulitnya pengendara saat ini mencari parkir di dalam gedung karena kapasitas terbatas, membuka celah baru buat om preman menawarkan paket parkir sisi jalan, namun tidak disadari hal inipun mengurangi ruas jalan yang seharusnya untuk dilalui kendaraan bukan untuk parkir.

solusi kedepan yang mesti dipikirkan adalah tidak hanya memberi denda kepada yang parkir liar saja tetapi mengalihkan kegiatan loading / un loading kendaraan dan memberi kemudahan orang untuk mencari lokasi parkir yang legal.

untuk mengalihkan kegiatan loading/ unloading pihak pusat perbelanjaan bisa membuat jalur khusus yang dipisahkan dengan akses masuk pelanggan pusat perbelanjaan.

untuk search parking, pihak mall/ perkantoran memperbanyak petunjuk arah untuk memudahkan orang dalam proses pencarian lokasi parkir.

menerapkan DENDA saja tidak cukup, hal ini ibarat MENGUSIR LALAT pake sehelai SAPU LIDI, namun perlu penanganan terintegrasi dari berbagai faktor baik dari sisi rekayasa aliran lalu lintasnya, kesadaran orang, penambahan infrastruktur pakir yg sebanding dengan jumlah kendaraan dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...