Langsung ke konten utama

"PEMIMPIN PASAR" VS "Merebut PEMIMPIN PASAR"

dalam dunia bisnis banyak strategi yang dilakukan oleh pelaku bisnis terutama yang terkait dengan menempuh upaya untuk menjadi PEMIMPIN PASAR.
Menjadi PEMIMPIN PASAR, artinya perusahaan mendominasi dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan dibandingkan kompetitor, untuk itu segala upaya dilakukan mulai dari INOVASI PRODUK, PELAYANAN TERBAIK, dll.
terkait dengan PEMIMPIN PASAR, terdapat 2 strategi yang sering dilakukan oleh perusahaan PENDATANG BARU yang bertujuan dari awal ingin menempati posisi PEMIMPIN PASAR atau MEREBUT posisi PEMIMPIN PASAR.
Relung Ekologi: strategi menjadi PEMIMPIN PASAR
Strategi ini untuk pelaku bisnis yang INGIN MENJADI PEMIMPIN PASAR SEJAK AWAL PERUSAHAAN MASUK PASAR. perusahaan ini berkonsentrasi pada PRODUK yang sulit ditiru oleh pesaing melalui KEKUATAN INOVASI PRODUK yang sulit di tiru oleh kompetitor. TEKNOLOGI MATERIAL PRODUK dan PENGOLAHANNYA menjadi satu alternatif yang sering dilakukan.
Tutup botol aqua, material gelas starbuck, layar sentuh iphone adalah beberapa contoh yang membuat perusahaan ini LEADING sebagai pemimpin pasar meskipun dikepung banyak kompetitor tapi tidak pernah TAKUT oleh kehadiran kompetitor.
Judo Bisnis: strategi merebut posisi PEMIMPIN PASAR
Strategi ini untuk pelaku bisnis yang INGIN MEREBUT POSISI PEMIMPIN PASAR dengan masuk melalui TITIK LEMAH yang tidak menjadi perhatian PEMIMPIN PASAR.
PEMIMPIN PASAR selalu mengnggap dirinya PERUSAHAAN BESAR namun terkadang lengah dengan hal-hal yang dianggapnya KECIL. Ungkapan orang besar bisa JATUH KARENA KERIKIL KECIL adalah yang sering terjadi sebagai akibat dari JUDU BISNIS.
NOKIA sebagai PEMIMPIN PASAR awalnya tidak menyadari BLACKBERRY sebagai ancaman pasarnya melalui INOVASI BBM, dan NOKIA pun tidak menyadari NEXIAN BERRY menjadi ancaman bagi pasarnya melalui penjualan produk dengan harga di bawah satu juta rupiah.
2 serangan dari PEMAIN BARU yang dianggap KECIL ini akhirnya membuat NOKIA TERSINGKIR sebagai PEMIMPIN PASAR seluler dan makin tenggelam dengan hadirnya teknologi yang dibawa oleh IPHONE dan SAMSUNG.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...