dalam dunia bisnis banyak strategi yang dilakukan oleh pelaku bisnis terutama yang terkait dengan menempuh upaya untuk menjadi PEMIMPIN PASAR.
Menjadi PEMIMPIN PASAR, artinya perusahaan mendominasi dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan dibandingkan kompetitor, untuk itu segala upaya dilakukan mulai dari INOVASI PRODUK, PELAYANAN TERBAIK, dll.
terkait dengan PEMIMPIN PASAR, terdapat 2 strategi yang sering dilakukan oleh perusahaan PENDATANG BARU yang bertujuan dari awal ingin menempati posisi PEMIMPIN PASAR atau MEREBUT posisi PEMIMPIN PASAR.
Relung Ekologi: strategi menjadi PEMIMPIN PASAR
Strategi ini untuk pelaku bisnis yang INGIN MENJADI PEMIMPIN PASAR SEJAK AWAL PERUSAHAAN MASUK PASAR. perusahaan ini berkonsentrasi pada PRODUK yang sulit ditiru oleh pesaing melalui KEKUATAN INOVASI PRODUK yang sulit di tiru oleh kompetitor. TEKNOLOGI MATERIAL PRODUK dan PENGOLAHANNYA menjadi satu alternatif yang sering dilakukan.
Tutup botol aqua, material gelas starbuck, layar sentuh iphone adalah beberapa contoh yang membuat perusahaan ini LEADING sebagai pemimpin pasar meskipun dikepung banyak kompetitor tapi tidak pernah TAKUT oleh kehadiran kompetitor.
Judo Bisnis: strategi merebut posisi PEMIMPIN PASAR
Strategi ini untuk pelaku bisnis yang INGIN MEREBUT POSISI PEMIMPIN PASAR dengan masuk melalui TITIK LEMAH yang tidak menjadi perhatian PEMIMPIN PASAR.
PEMIMPIN PASAR selalu mengnggap dirinya PERUSAHAAN BESAR namun terkadang lengah dengan hal-hal yang dianggapnya KECIL. Ungkapan orang besar bisa JATUH KARENA KERIKIL KECIL adalah yang sering terjadi sebagai akibat dari JUDU BISNIS.
NOKIA sebagai PEMIMPIN PASAR awalnya tidak menyadari BLACKBERRY sebagai ancaman pasarnya melalui INOVASI BBM, dan NOKIA pun tidak menyadari NEXIAN BERRY menjadi ancaman bagi pasarnya melalui penjualan produk dengan harga di bawah satu juta rupiah.
2 serangan dari PEMAIN BARU yang dianggap KECIL ini akhirnya membuat NOKIA TERSINGKIR sebagai PEMIMPIN PASAR seluler dan makin tenggelam dengan hadirnya teknologi yang dibawa oleh IPHONE dan SAMSUNG.
Komentar
Posting Komentar