Langsung ke konten utama

Pelayanan publik YANG DINANTI.

Aparat pemerintah mempunyai tugas utama untuk menciptakan layanan publik yang berkualitas melalui layanan pendidikan, kesehatan, sosial dll.

Bagaimana kualitas yang muncul dalam layanan publik bisa secara kasat mata kita lihat sehari hari melalui kondisi fisik dan layanan di sekolah, puskesmas, kelurahan, panti asuhan, dll.

Tentu tidak mudah semua ini dijalankan apalagi di daerah miskin yang APBD nya 80% habis untuk gaji pegawai dan 80% struktur pemasukan dananya bersumber dari bantuan APBN melalui alokasi DAU dan DAK.

Dengan kondisi demikian sudah dipastikan kondisi pelayanan buruk, jalan raya banyak yang bolong, sekolah atapnya pada bocor, puskesmas ala mak obatnya dominan warna putih dan kuning aja apapun penyakitnya.

Disisi lainpun aparat pemerintah sangat ketat diawasi dalam penggunaan anggaran mulai dari dprd, bpk, bpkp, bawasda, jaksa, polisi, hakim, lsm, wartawan, dll dan semua bentuk pengawasan ini membuat aparat negara lebih fokus di ADMINISTRASI PUBLIK dibandingkan dengan KUALITAS PELAYANAN PUBLIK sebagai fungsi utamanya.

Sudah ketat pengawasanpun korupsi masih terjadi, malah yang seharusnya mengawasi malah tidak jarang menikmati uang korupsi, indikasinya banyak polisi, jaksa, hakim masuk bui gara garankecipratan duit korupsi.

Nampaknya layanan publik yg berkualitas masih jauh dari harapan karena multi faktor: korupsi, fokus aparat negara kepada administrasi dan pengawas aparat yang malah ikut menikmati uang hasil korupsi.

Hanya aparat dan Tuhannya saja yg tau kapan mereka benar benar bisa bekerja untuk kepentingan publik sesuangguhnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...