Langsung ke konten utama

Sengitnya BISNIS RETAIL

sudah sejak lama warung-warung tradisional merajai kebutuhan sembako di tengah pemukiman masyarakat dengan pelayanan SEADANYA, KUALITAS BARANG SEADANYA, KERAMAHAN SEADANYA masyarakat dengan sukarela menjadi pelanggannya, ini karena alasan TIDAK ADA PILIHAN.

namun akhirnya semua yang serba APA ADANYA di kejutkan dengan banyak munculnya RETAIL MODERN yang mengepung pemukiman yang membuka masyarakat OPSI BARU untuk kebutuhan SEMBAKONYA selain di warung tradisional.

Warung warung mulai ditinggalkan dan masyarakat mulai beralih ke RETAIL MODERN karena LAYANAN YANG RAMAH, PRODUK-PRODUK YANG BERKUALITAS, PUNYA KESEMPATAN UNTUK SELF SERVICE dan HARGA LEBIH MURAH dari warung tradisional. mungkin warung warung yang masih bertahan di tengah kepungan RETAIL MODERN karena 1 alasan: MASIH BISA DI HUTANG IN.

Kian hari persaingan dibisnis retail modern sendiri yang tadinya mengancam warung tradisional mulai SALING MENGANCAM SESAMA RETAIL MODERN SENDIRI. dimana ada alfamart disebrangnya pasti ada indomart, ini juga yang menggangu carefour yang berdiri di pusat kota sampai-sampai pernah ada isu ada keinginan RETAIL BESAR ini ingin membeli retail modern yang tersebar di pemukiman pinggir kota.

Sengitnya bisnis retail modern ini pada akhirnya membuat semuanya mencari titik fokus customernya. circle K mempelopori retail yang beroperasi 24 JAM dan fokus berdiri dekat pusat hiburan, Seven 7 fokus pada layanan yang menyajikan makanan dan minuman hangat dan disiapkan tempat KONGKOW yang luas bagi pembelinya, dimana ini sangat membantu masy. kota yang terjebak macet untuk rehat sejenak.

oleh karenanya dengan persaingan yang sengit tersebut beberapa retail modern melakukan banyak strategi, mulai dari membuka layanan delivery order, sampai meniru apa yang dilakukan oleh pesaing.

seperti kita tahu beberapa indomart di perkotaan mulai menyediakan seperti yang dilakukan oleh seven 7, lalu alfamart menyadari pentingnya posisi strategis warung tradisional akhirnya mengadakan layanan harga GROSIR bagi warung tradisional yang tersebar di pelosok gang-gang pemukiman.

selain itu beberapa retail modern ini juga sudah bekerjasama dengan lintas bisnis, semisal KASIR mereka juga bisa melayani untuk pembelian pulsa, pembelian tiket kereta, pembayaran kredit motor, dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...