Langsung ke konten utama

bisnis LAYANAN tanpa COUNTER LAYANAN


Bisnis Layanan dalam pandangan klasik selalu dikaitkan dengan invetasi orang, bangunan, perijinan, survey pasar, dan semuanya harus di kerjakan sendiri sehingga dengan pandangan ini MAU BISNIS nampaknya bikin malas orang karena energinya yang tidak sedikit baik dari sisi financial maupun kompetensi dalam berbisnis.

dengan kemajuan teknologi saat ini, model bisnis sudah berubah semua bisa dipercepat persiapannya tentunya salah satunya dengan MENDAYAGUNAKAN JARINGAN BISNIS.

kalau melihat perkembangan penggunaan teknologi dalam bisnis, INDUSTRI KEUANGAN memang paling banyak bisa diamati, semisal dulu yang namanya mesin ATM hanya berfungsi untuk MENARIK UANG TUNAI dan menjadi beban biaya Bank yang memilikinya, namun sekarang mesin ATM sudah bisa MENGHASILKAN UANG. salah satu Bank nasional menyebut PENDAPATAN per Tahun dari fee transaksi via atm bisa mencapai 100 Milyar.

seperti kita ketahui, ATM saat ini menjadi multi fungsi: untuk bayar listrik, pdam, cicilan motor, beli tiket pesawat, tiket kereta api, bayar uang kuliah, beli pulsa, dll.

dalam kasus lain sekarang dijumpai MODEL BISNIS baru dalam industri Perbankan adalah BANK TIDAK PUNYA BANK. Western Union adalah sebuah jasa transfer uang di dalam negeri dan ke luar negeri, bagaimana tidak Perusahaan yang berpusat di Vatikan ini beroperasi di ratusan negara dengan mendayagunakan Kekuatan jaringan keuangan global berbasis teknologi untuk melayani nasabah yang ingin mentransfer uang melalui MITRA KERJANYA di seluruh dunia.

khusus untuk Indonesia, tidak hanya melalui Bank Lokal namun juga transaksi transfer dana bisa dilakukan melalui kantor pos, pegadaian, indomart, alfamart. ini memberikan kemudahan bagi nasabah Bank dimana yang tadinya transfer harus melalui Bank, saat ini sudah banyak pilihan untuk bertransaksi meskipun dari sisi Bank hal ini menjadi ancaman tersendiri karena pendapatan dari transaksi tranfernya diambil oleh pihak lain

Bisnis masa depan adalah Bisnis yang sedari awal disiapkan untuk INVESTASI BERBIAYA RENDAH namun HARUS MEMILIKI KEUNIKAN agar tidak mudah di tiru oleh pesaing dalam kurun waktu tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...