Langsung ke konten utama

BISNIS : fokus, bergerak cepat & terus bertransformasi


Dunia bisnis adalah dunia yang dinamis, sampai sampai ceo microsoft pernah mengatakan jika anda ingin terus eksis dalam pusaran peluang, makanya tidak ada jalan lain kecuali fokus, bergerak lebih cepat dan terus bertransformasi.

Fokus, inilah kunci utama dalam bisnis karena banyak perusahaan sukses dimanapun karena ketekunan dan totalitas dalam membangun produk, sistem operasi dan delivery produknya kepelanggan.

Game eangry bird adalah satu contoh produk sukses yang dihasilkan dari buah ketekunan dan totalitas dimana sebelumnya sudah melewati 49 kali gagal di dalam mendevelop produk game.

Bergerak lebih cepat. Produk berkualitas hrs didukung oleh sistem operasi yang efektif dan efisien sehingga cepat sampai di tangan pelanggan.

Pendayagunaan teknologi dan networking menjadi kata kunci untuk bergerak lebih cepat. Alfamart adalah satu contoh bisnis ritel dengan dukungan teknologi canggih dimana mesin kasir tdk hanya berfungsi utk pembayaran barang saja tapi sudah digunakan untuk pengambilan uang tunai, transfer uang, bayar cicilan motor, beli pulsa dll.

Di sisi lain pengembangan jumlah outlate di kawasan pemukiman memudahkan pelanggan untuk mengaksesnya.

Terus bertransformasi. Bisnis punya siklus hidup, se iring dengan kecanggihan teknologi dalam menemukan inovasi produk terbaru secara cepat membuat pelaku dalam bisnis ini berfikir keras untuk terus menciptakan inovasi produk aplikasi terbaru.

Blackberry adalah satu contoh produk yang cepat naik dan cepat turun karena lambatnya perusahaan bertransformasi.

Setelah sukses mengalahkan nokia di awal kehadirannya dengan mengusung aplikasi bbm, saat ini blackberry sempoyongan dengan kehadiran aplikasi android yg di usung oleh samsung dan ios oleh iphone.

Oleh karenanya tidak ada jalan lain bagi pebisnis untuk fokus, bergerak lebih cepat dan terus bertransformasi agar tetap berada di pusaran peluang bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...