Langsung ke konten utama

DITAKUTI untuk SELAMAT.

beberapa waktu lalu terjadi tragedi kecelakaan KRL jurusan Tanah Abang - Serpong yang menabrak truk BBM di kawasan bintaro, dimana dilokasi yang sama pernah terjadi kecelakaan juga. beberapa media menyebut kejadian kemarin sebagai TRAGEDI BINTARO 2.

korban meninggal, luka berat dan luka ringan mengiringi tragedi tersebut dan seperti biasa kejadian tersebut menjadi arena saling tuding SIAPA YANG BERSALAH dalam kasus tersebut.

mengutip pemberitaan di sebuah majalah beberapa bulan lalu yang memuat pemberitaan tentang TINGGINYA KECELAKAAN PENUMPANG di jalur REL KERETA api MUMBAI INDIA yang mencapai 6000 kasus menguras energi pengelola kota untuk mencari solusinya.

salah satu penyebabnya adalah ketika kereta akan memasuki stasiun suaranya tidak terdengar, kalah denga suara riuh penumpang yang berjubel memadati stasiun hingga berlimpah sampai ke jalur rel kereta api.

atas kejadian tersebut, akhirnya pengelola stasiun bersama pemerintah kota meluncurkan program yang mereak beri nama : DITAKUTI agar SELAMAT.

salah satu programnya adalah dengan menyebar beragam poster orang-orang yang mati atau celaka akibat ditabrak kereta api di setiap sudut stasiun yang ada di kota mumbai dan memerintahkan masinis kereta api membunyikan klakson tanpa henti hingga kereta berhenti di stasiun.

program ini berdampak berkurangnya jumlah orang yang meninggal akibat tertabrak kereta api yang tadinya 6000 orang/ tahun menjadi 1000 orang/ tahun.

merujuk kepada kasus BINTARO 2, dan untuk mengurangi kecelakaan berulang di lain waktu sudah saatnya PT. KAI dan pemerintah kota mencoba malakukan hal yang sama dengan yang dilakukan kota MUMBAI india.

dengan menyebar banyak poster yang memuat GAMBAR-GAMBAR TRAGEDI KECELAKAAN dan dampaknya termasuk foto dan jumlah KORBANNYA di setiap sudut stasiun disepanjang jalan menuju jalur perlintasan Kereta api ditambah dengan memerintahkan masinis untuk membunyikan klakson tanpa henti sampai masuk stasiun dan ketika melewati jalur perlintasan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...