Langsung ke konten utama

derita KABUPATEN MISKIN

di banyak kabupaten di indonesia, 80% habis untuk belanja pegawai sisanya 20% untuk dana pembangunan. sudah bisa di duga dengan komposisi biaya pembangunan yang minim banyak jalan yg rusak, sekolah yang rusak, rumah sakit dengan layanan seadanya dan pasar yang becek dan fasilitas publik lainnya yang kondisinya tidak karuan. 

alih2 bupatinya memutar otak untuk menggali Pendapatan asli daerahnya untuk menutupi APBD , malah sibuk mondar mandir jakarta urus kuota dana pembangunan yang berasal dari DANA ALOKASI KHUSUS dan DANA ALOKASI UMUM yang bersumber dari APBN.

saking seringnya bolak balik daerah - jakarta PP, beberapa hotel di jakarta penuh dengan pasukan ini yang tiap minggu bolak balik untuk salah satunya mengurusi pencairan dana DAU/ DAK.

barangkali lebih mudah orang jakarta ketemu dengan para bupati ini dibandingkan warganya sendiri di daerah, karena mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di jakarta atas nama MENGURUS PENCAIRAN DANA DAU/ DAK.

dapat dana ini tidaklah tanpa lika liku, mulai dari menghadapi birokrasi yang rumit sampe broker anggaran yang menjual angin surga yang menjanjikan sekian miliar alokasi untuk kabupaten sang bupati.

memang berat jadi Bupati di kabupaten miskin: PILKADANYA sudah RUSUH, duit PAD nya kecil sehingga harus menggantungkan dana APBD nya dari DAU/ DAK atau memberi kemudahan kepada investor luar dengan tega mengeluarkan ijin yg merugikan masyarakatnya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...