FRONT LINE: Windows nya PERUSAHAAN
FRONT LINE adalah bagian penting di perusahaan, karena posisinya yang langsung berhubungan dengan PELANGGAN. salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah AREA PELAYANAN NASABAH di setiap kantor cabang di dalam pelayanan setor, tarik tunai dan customer service.
Masuk ke sebuah Bank Swasta di banyak kota besar kita akan disambut dengan senyum ramah Security ( soale sek ndak mau di bilang satpam) dan menanyakan maksud kedatangan kita dengan ucapan BOLEH SAYA BANTU?.
jika kita akan ke customer service kita akan diberikan kartu tunggu untuk menunggu giliran dan selanjutnya dipersilahkan duduk di tempat yang disediakan.
kursi empuk, ruang dingin, warna cat pastel, iringan musik klasik, siaran TV dan Pelayan nya yang Cantik-cantik membuat kita agak bertoleransi jika pelayanan rada terlambat.
semua yang terjadi diatas adalah BY SCENARIO, karena perusahaan menyadari pentingnya FRONT LINE sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam pelayanan kepada pelanggannya.
saat ini sudah banyak perusahaan perhatian dengan AREA INI karena mereka menyadari pentingnya membuat rangkaian perencanaan yang matang agar ketika PELANGGAN datang tidak untuk yang pertama dan yang terakhir, namun untuk terus dan terus datang diwaktu mendatang.
selama Perusahaan/ lembaga tidak membenahi AREA FRONT LINE ini dan membiarkannya, selama itu pula mereka akan kehilangan PELANGGANNYA.
FRONT LINE adalah bagian penting di perusahaan, karena posisinya yang langsung berhubungan dengan PELANGGAN. salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah AREA PELAYANAN NASABAH di setiap kantor cabang di dalam pelayanan setor, tarik tunai dan customer service.
Masuk ke sebuah Bank Swasta di banyak kota besar kita akan disambut dengan senyum ramah Security ( soale sek ndak mau di bilang satpam) dan menanyakan maksud kedatangan kita dengan ucapan BOLEH SAYA BANTU?.
jika kita akan ke customer service kita akan diberikan kartu tunggu untuk menunggu giliran dan selanjutnya dipersilahkan duduk di tempat yang disediakan.
kursi empuk, ruang dingin, warna cat pastel, iringan musik klasik, siaran TV dan Pelayan nya yang Cantik-cantik membuat kita agak bertoleransi jika pelayanan rada terlambat.
semua yang terjadi diatas adalah BY SCENARIO, karena perusahaan menyadari pentingnya FRONT LINE sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam pelayanan kepada pelanggannya.
saat ini sudah banyak perusahaan perhatian dengan AREA INI karena mereka menyadari pentingnya membuat rangkaian perencanaan yang matang agar ketika PELANGGAN datang tidak untuk yang pertama dan yang terakhir, namun untuk terus dan terus datang diwaktu mendatang.
selama Perusahaan/ lembaga tidak membenahi AREA FRONT LINE ini dan membiarkannya, selama itu pula mereka akan kehilangan PELANGGANNYA.
Komentar
Posting Komentar