Langsung ke konten utama

FRONT LINE: Windows nya PERUSAHAAN

FRONT LINE: Windows nya PERUSAHAAN

FRONT LINE adalah bagian penting di perusahaan, karena posisinya yang langsung berhubungan dengan PELANGGAN. salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah AREA PELAYANAN NASABAH di setiap kantor cabang di dalam pelayanan setor, tarik tunai dan customer service.

Masuk ke sebuah Bank Swasta di banyak kota besar kita akan disambut dengan senyum ramah Security ( soale sek ndak mau di bilang satpam) dan menanyakan maksud kedatangan kita dengan ucapan BOLEH SAYA BANTU?.

jika kita akan ke customer service kita akan diberikan kartu tunggu untuk menunggu giliran dan selanjutnya dipersilahkan duduk di tempat yang disediakan.

kursi empuk, ruang dingin, warna cat pastel, iringan musik klasik, siaran TV dan Pelayan nya yang Cantik-cantik membuat kita agak bertoleransi jika pelayanan rada terlambat.

semua yang terjadi diatas adalah BY SCENARIO, karena perusahaan menyadari pentingnya FRONT LINE sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam pelayanan kepada pelanggannya.

saat ini sudah banyak perusahaan perhatian dengan AREA INI karena mereka menyadari pentingnya membuat rangkaian perencanaan yang matang agar ketika PELANGGAN datang tidak untuk yang pertama dan yang terakhir, namun untuk terus dan terus datang diwaktu mendatang.

selama Perusahaan/ lembaga tidak membenahi AREA FRONT LINE ini dan membiarkannya, selama itu pula mereka akan kehilangan PELANGGANNYA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEXT PROCESS is our COSTUMER

 Konsumen selalu diidentikan dengan penikmat produk atau layanan perusahaan. Posisinya sangat penting bagi sumber pendapatan perusahaan sampai sampai banyak perusahaan memanjakannya agar tetap menjadi LOYAL CUSTOMER. Dalam bisnis, industri keuangan paling kasat mata memanjakan pelanggannya dalam bertransaksi. Sebut saja puluhan ribu kantor cabang dibangun, mesin atm dimana mana, atm drive thrue, sms banking, internet banking, layanan prioritas dan yg terbaru uang elektronik. Semua dilakukan oleh dunia perbankan hanya untuk 1 alasan: DENGAN KEMUDAHAN semua di giring menjadi LOYAL CUSTOMER. Perusahaan dengan reputasi baik menggunakan istilah customer tidak hanya untuk pengguna produk perusahaan saja, tapi diinternal perusahaan dimana satu sama lain unit saling berhubungan dan saling kebergantungan dalam menciptakan produk istilah customer digunakan. Next process is our customer adalah mantra yang saat ini banyak di dengungkan oleh banyak eksekutif perusahaan ke...

memecah ANTRIAN di PELAYANAN PUBLIK

Dalam layanan publik semisal Bank, Rumah Sakit, Kantor Pajak sampe Kantor Kelurahan mengantri untuk mendapatkan pelayanan tidak bisa dihindari pengunjung yang akan menikmati layanan yang diinginkan. Antrian menjadi persoalan sendiri bagi pihak penyelenggara layanan karena hal ini sering menjadi pemicu awal munculnya complain dari pelanggan. untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan banyak upaya yang dilakukan, setidaknya melalui 2 pendekatan: mengurai dan mempercepat antrian atau memberi kenyamanan kepada pasien dan keluarga selama mereka mengantri. untuk contoh mengurai dan mempercepat antrian dilakukan oleh moda transportasi trans jakarta dan KRL di Jakarta, dimana titik keberangkatan disebar di beberapa titik dan sekali angkut bisa ratusan orang naik bus trans jakarta dan KRL. untuk contoh memberi kenyamanan saat menunggu antrian dilakukan oleh Bank, dimana saat menunggu nasabah diberi kenyamanan tubuh saat duduk dengan memberi kursi empuk, kenyamanan mata mel...

BERSAING dengan SAUDARA KANDUNG

Tujuan dari produk ketika dilangsir kepasar adalah untuk menjadi produk yang diminati oleh pelanggannya dan tentunya mendominasi pasar dibandingkan pesaingnya. namun dibalik semua itu ada persoalan persaingan antara sesama pelaku bisnis dengan produk yang sama. dalam bisnis kadang sebuah produk kalah bersaing karena kehadiran produk kompetitor yang bisa berasal dari Perusahaan lain atau kelompok usahanya sendiri (saudara kandung). Persaingan ini kadang berakhir dengan kemenangan atau kekalahan di dalam menguasai jumlah pelanggan yang diperebutkan. sudah banyak produk perusahaan yang kalah bersaing dari kompetitornya, salah satunya produk yang bersaing bukan dengan produk perusahaan lain,tapi dengan saudara kandungnya sendiri. KIJANG adalah 1 contoh produk yang saat ini bersaing dengan saudara kandungnya sendiri AVANZA sebagai mobil sejuta umat, sebelum AVANZA hadir julukan mobil sejuta umat berpuluh tahun di pegang oleh KIJANG, namun pasca AVANZA diluncurkan naga-naganya ...